Cara dan Syarat membuat e-KTP di Grobogan Tanpa Surat Pengantar


Hai sobat Heripedia, Apakah kalian sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk atau malah belum cukup umur untuk memilikinya. KTP sekarang sudah mempunyai teknologi modern atau yang dikenal sebagai e-KTP. Salah satu tanda identitas penduduk yang wajib dimiliki oleh setiap warga dinegara tersebut ketika sudah berumur 17 tahun. Sebenarnya cara dan Syarat membuat e-KTP sudah banyak dibahas oleh blogger sebelumnya namun kali ini akan saya bahas cara membuat e-KTP di Grobogan Tanpa Surat Pengantar.

Dulu KTP sebelum berpindah ke e-KTP mempunyai jangka waktu kadaluwarsa. Kurang lebih selama 5 tahun sekali harus diperbarui data kependudukan tersebut. Namun setelah mengalami perubahan ke e-KTP kartu tanda identitas tersebut berlaku hingga seumur hidup kalian.

Untuk kalian yang baru menginjak usia 17 tahun sudah diwajibkan untuk membuat kartu tanda penduduk (KTP/e-KTP). Namun jika kalian kesulitan bagaimana sih cara membuat e-KTP? Tenang saja dibawah ini saya sudah merangkum langkah - langkah membuat e-KTP dari awal hingga selesai.

Cara dan Syarat membuat e-KTP

Berikut ini merupakan langkah - langkah pembuatan e-KTP bagi kalian yang belum tau atau baru ingin membuat e-KTP wajib menyimak tutorial berikut ini

1. Syarat membuat e-KTP baru bagi Warga Negara Indonesia (WNI):
Jika merujuk peraturan sebelumnya, syarat membuat e-KTP baru, yakni (1) Telah berusia 17 tahun, sudah kawin atau pernah kawin; (2) Surat pengantar RT/RW dan Kepala desa atau Lurah; (3) Fotokopi KK, Kutipan akta nikah/akta kawin bagi penduduk yang belum berusia 17 tahun, kutipan akta lahir; (4) Surat keterangan datang dari luar negeri yang diterbitkan instansi pelaksana bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

2. Syarat penerbitan e-KTP baru bagi orang asing yang punya izin tetap:
3. Syarat penerbitan e-KTP bagi WNI yang datang dari luar negeri:
4. Syarat penerbitan e-KTP bagi WNI yang pindah dari satu daerah ke daerah lain:
5. Syarat penerbitan e-KTP bagi orang asing yang punya izin tinggal tetap di Indonesia harus mencantumkan surat keterangan pindah

6. Syarat penerbitan e-KTP karena perpanjangan bagi orang asing yang punya izin tinggal tetap:

7. Syarat penerbitan e-KTP akibat perubahan data, baik untuk WNI maupun Warga Negara Asing (WNA) yang punya izin tinggal tetap:
8. Proses perekaman dan penerbitan e-KTP baru oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota di luar domisili dapat dilakukan dengan syarat:
9. Syarat penerbitan e-KTP karena hilang atau rusak bagi WNI maupun WNA:
Nah membuat Kartu Identitas Penduduk bukan hal yang sulit. Karena kita hanya tinggal dateng di kecamatan terdekat atau langsung datang ke Dukcapil. Pengurusanya pun sangat cepat tidak lebih dari seminggu e-KTP sobat sudah jadi.

Yang perlu kalian ingat e-KTP bisa kalian gunakan seumur hidup kalian. Tanpa harus melakukan perpanjangan masa berlakunya.

Nah semoga bermanfaat artikel ini silahkan bagikan kepada saudara kalian yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ini. 

Label: ,