Loading...

7 Tips Kekinian Mencegah Penyakit Kanker


Kanker adalah masalah kesehatan masyarakat utama di Indonesia, menjadi penyebab kematian terbesar ke-7 berdasarkan survei nasional pada tahun 2007, yang merupakan 5,7 dari semua kematian. Pendaftaran kanker dimulai pada tahun 1970, tetapi sebagian dan dihentikan terutama karena tidak ada badan pemerintah yang bertanggung jawab.

Menyadari situasi di atas, pemerintah Indonesia membentuk Sub Direktorat Pengendalian Kanker di Kementerian Kesehatan, dengan tanggung jawab untuk mengembangkan program pengendalian kanker nasional, termasuk registrasi kanker.

Tips mencegah penyakit kanker


Belakangan ini terutama di negara-negara maju, sudah banyak orang yang menerapkan perilaku hidup sehat seiring dengan gerakan pencegahan kanker.

Berikut merupakan beberapa tips yang dianjurkan untuk mencegah timbulnya kanker dengan cara hidup sehat:

baca juga : Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar

1. Konsumsi buah dan sayur


Makan banyak sayur-sayuraan, buah-buahan, dan biji-bijian seperti tempe, tahu dan makanan yang banyak mengandung serat. Paling tidak satu atau dua hari sehari mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Jika kamu melakukan hal ini secara rutin maka kamu akan merasakan manfaatnya. Jus buah dan sayur ini bisa juga untuk terapi loh. Seperti terapi jus buah untuk mengatasi rematik atau nyeri sendi.


2. Hindari obesitas

Bagi kamu yang memiliki masalah berat badan sebisa mungkin kamu harus mengatur pola hidup sehat mulai dari sekarang. Hindari berat badan berlebihan atau kegemukan. Usahakan menimbang berat badan 1 kali seminggu. Penelitian menunjukkan, berat badan berlebih atau kegemukan merupakan resiko terjadinya kanker lebih besar khususnya kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandung empedu. Pastinya kamu tidak mau hal itu terjadi pada tubuhmu.

3. Kurangi makanan berminyak


Masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Siapa sih yang tidak kenal dengan cemilan yang menggiurkan ini, bahkan mengkonsumsi satu gorengan basih terasa kurang. Sebaiknya kurangi jumlah konsumsi atau jika perlu hindari makanan gorengan dan juga makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan. Beragam olahan gorengan memang menggiurkan tetapi sebaiknya anda mengonsumsi dengan jumlah yang wajar.

4. Konsumsi makanan yang direbus


Batasi makanan yang diolah dengan suhu tinggi dan lama atau dengan pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen seperti halnya makanan yang diasinkan,diasap, dibakar, dan dibakar sampai keluar arang (gosong). Yang terbaik adalah makanan yan diproses dengan cara direbus seperti dimsum atau siomay.


5. Hindari pemanis buatan

Perlu diwaspadai penggunaan pemanis buatan pada olahan makanan, pewarna makanan serta zat pengawet yang berlebihan seperti halnya permen atau donat yang diberi pemanis buatan. Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan jumlah insulin yang memicu resiko kanker. Sebaiknya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan dan lebih baik mengkonsumsi makanan segar.

6. Hindari alhohol dan rokok

Bagi kamu perokok aktif atau pasif ada baiknya kurangi dan bila perlu hindari. Apalagi minum alkohol yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Mulai dari sekarang makanan harus dijaga kebersihannya, beraneka ragam, dan bebas dari zar cemaran lingkungan.
Sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan juga merokok, sedapat mungkin  kurangi bahkan tinggalkan saja alkohol dan merokok.

7. Olahraga

Usahakan kamu rutin olahraga dan mulai mengatur jadwal olahraga. Kegiatan fisik dengan olahraga secara teratur disertai kesehatan mental dan rohani merupakan bagian terpadu dalam upaya pencegahan penyakit kanker. Jangan lupa istirahat yang cukup dan minum air putih untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh.
Semoga dengan 7 tips diatas dapat membantumu dalam mencegah penyakin kanker.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Kekinian Mencegah Penyakit Kanker"

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...