Tokoh Aliran Manajemen Ilmiah beserta Kontribusinya

Tokoh Aliran Manajemen Ilmiah beserta Kontribusinya
Tokoh Aliran Manajemen Ilmiah beserta Kontribusinya
Kali ini saya akan membahas tentang Ilmu manajemen ilmiah yang sering kali di lupakan dan jarang dipelajari. Untuk itu kalian yang sedang belajar dalam bidang manajemen sebaiknya membaca artikel ini sebagai pedoman maupun untuk menambah ilmu kalian. Tokoh - tokoh  Aliran manajemen ilmiah yang ada di dunia. Mereka adalah salah satu pelopor ilmu manajemen yang membantu kita agar lebih mudah dalam mempelajarinya. Ada banyak tokoh antara lain Frederick W Taylor, Kakak beradik Frank Bunker Gilbert dan Lillian Gilbert.

Jika kalian belum tau apa itu manajemen ilmiah  ? Manajemen ilmiah adalah  Penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan efektif. Teori ini dikemukakan oleh Taylor, yang sering di sebut sebagai orang besar dalam bidang Teori manajemen. Tanpa lama-lama lagi mari kita simak tokoh - tokoh manajemen ilmiah di bawah ini.





Tokoh Pelopor Manajemen Ilmiah beserta Kontribusinya


1. Frederick W. Taylor (1865-1915)

Sering disebut sebagai " Bapak Manajemen Ilmiah" Taylor telah memberikan prinsip- prinsip dasar penerapan pendekatan ilmiah pada manajemen , dan mengembangkan sejumlah teknik - tekniknya untuk mencapai efisiensi. Salah satu orang yang sangat berjasa dalam perkembangan manajemen ilmiah yang mengemukakan teori manajemen ilmiah. Dalam bukunya yang berjudul Principles Of Scientific Management yang di buatnya pada tahun 1991. 

2. Frank Bunker Gilbert dan Lillian Gilbert

Frank Bunker adalah seorang pelopor pengembangan studi gerak dan waktu , menciptakan berbagai teknik manajemen yang diilhami Taylor. Sedangkan Lillian Gilbert lebih menekankan dan tertarik kepada aspek - aspek manusia dalam kerja. Seperti misalnya seleksi penempatan dan latihan personalia. Baginya manajemen ilmiah mempunyai tujuan membantu karyawan mencapai seluruh potensinya sebagai makhluk hidup.

3. Henry L. Ganti (1861-1919)

Seorang tokoh yang mempunyai latar belakang insinyur , Henry L. Ganti juga menciptakan peta yang di namai Gantt. Dia adalah seorang ilmuan dalam bidang manajemen mempunyai sebuah teori manajemen ilmiah yang menekankan pada :

A) Kerjasama yang saling menguntungkan antara tenaga kerja dan manajemen.
B) Seleksi ilmiah tenaga kerja
C) Sistem insentif untuk merangsang produktivitas

4. Harrington Emerson (1853-1931)

 Seorang tokoh yang mengemukakan teori manajemen ilmiah yang menekankan pada sebuah prinsip kerja agar pekerjaan lebih efektif dan efisien seperti berikut ini.

12 Prinsip-prinsip efisiensi:
  • Tujuan - tujuan dirumuskan dengan jelas
  • Kegiatan yang di lakukan masuk akal
  • Adanya staf yang cakap
  • Disiplin
  • Balas jasa yang adil
  • Disiplin
  • Balas jasa yang adil
  • Laporan laporan yang terpercaya ,secara akurat,sistem informasi dan akuntansi.
  • Pemberian perintah perintah perencanaan dan pengurutan kerja
  • Adanya standar - standar ,jadwal,metode, dan waktu setiap kegiatan.
  • Kondisi yang standar
  • Operasi yang standar
  • Instruksi instruksi praktis
  • Balas jasa efisiensia
Nah itulah keempat tokoh manajemen beralih ilmiah yang terkenal di dunia yang memberikan kontribusi dalam bidang manajemen.


0 Response to "Tokoh Aliran Manajemen Ilmiah beserta Kontribusinya"

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel