Apa itu Teori Organisasi Klasik ?

 Apa itu Teori Organisasi Klasik ?
 Apa itu Teori Organisasi Klasik ?
Apa itu Teori Organisasi klasik ? teori organisasi klasik sering disebut sebagai teori tradisional ada juga yang menyebutnya sebagai teori mesin. teori ini sering digunakan untuk melakuakan pekerjaan secara terstruktural dengan teknik - teknik yang rasional. Dalam hakikatnya teori ini sangat meyakini bahwa jika teknik dan pendekatan secara rasional dapat diwujudkan dan nantinya organisasi dapat mencapai tujuan.

Beberapa Teori Organisasi Klasik yang ada di dunia yang di kemukakan oleh pakar - pakar ilmu manajemen. Teori - teori tersebut di kemukakan oleh Henry Fayol ,James D money, Marry Parker Follet, Chapter L. Barnard.  Teori Organisasi Klasik yang saya rangkum di Panduan Ilmu Manajemen ini selesai dan akan saya sempurnakan kedepannya supaya lebih berisi. Teori - teori organisasi klasik antara lain seperti di bawah ini :

1) Henry Fayol (1841 - 1925)

Seorang industrialis Prancis ,mengemukakan teori dan teknik - teknik admistrasi sebagai pedoman bagi pengelola organisasi - Organisasi.

2) James D Mooney

Eksekutif General Motor, Mengkategorikan prinsip - prinsip dasar manajemen tertentu , mendefinisikan organisasi sebagai kelompok , dua atau lebih orang yang bergabung untuk tujuan tertentu. Menurut Mooney ,merancang suatu organisasi perlu melihat 4 kaidah dasar di bawah ini :
  • Koordinasi : syarat - syarat adanya koordinasi meliputi wewenang, saling melayani, doktriri, dan disiplin.
  • Prinsip Skalar: Mempunyai prinsip ,prospeks, dan pengaruh sendiri yang tercermin dari kepemimpinan.
  • Prinsip Fungsional: Adanya Fungsionalisme bermacam - macam tugas yang berbeda
  • Prinsip Staf : Kejelasan perbedaan antara staf dan lini.

3) Marry Parker Follet (1868 - 1933)

Menekankan pentingnya :
  • Menerapkan psikologi pada perusahaan ,industri ,dan pemerintah.
  • Aplikasi praktik ilmu-ilmu sosial dalam administrasi perusahaan.
  • Bahwa konflik dapat dibuat konstruktif dengan penggunaan proses integrasi dimana orang-orang yang terlibat mencari jalan pemecahan bersama perbedaan - perbedaan diantara mereka.
  • Suatu pola organisasi yang ideal dimana manajer mencapai koordinasi melalui komunikasi yang terkendali dengan karyawan.
4) Chaster L. Barnard (1886 - 1961)

Dia adalah seorang Presiden perusahaan Bell Telephon Di New Jersey. Barnard adalah pelopor dalam penggunaan teori organisasi klasik.

Nah itulah beberapa teori klasik yang dapat saya bagikan kepada kalian semoga bermanfaat.



0 Response to " Apa itu Teori Organisasi Klasik ?"

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel